SOLUSI EDUKASI KESEHATAN DI ERA GLOBALISASI
Berita
STIKESSU ADAKAN WORKSHOP PENDIDIKAN NERS

STIKESSU ADAKAN WORKSHOP PENDIDIKAN NERS

Medan, 22 Juni 2018 (Kalvin Ginting, S.Kep, Ns, M.Kes)

Sebagai salah satu tempat pendidikan tinggi kesehatan dengan komitmen menghasilakan tenaga kesehatan yang mampu bersaing di era globalisasi terutama sarjana keperawatan dan profesi ners maka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Utara melaksanakan Workshop Kurikulum Pendidikan Ners "Perumusan Metode Pembelajaran dan Metode Evaluasi Praktik Klinik Program Studi Ners " bertempat di Kampus STIKESSU Jumat (22/6). Yang menjadi narasumber adalah Dr. Muhammad Hadi , SKM, M.Kep. yang juga Ketua AIPNI Pusat. Dalam workshop ini ditekankan tentang kurikulum pendidikan Ners yang terbaru mengacu kepada peningkatan kompetensi lulusan sebagai ners generalis.

    Dr. Muhammad Hadi SKM, M.Kep juga menekankan agar para dosen dan tenaga pendidik memberikan pembelajaran yang tertinggi kepada mahasiswa. Trend dan isu keperawatan harus selalu diajarkan di ruang kuliah sehingga kurikulum sifatnya dinamis.

     Disinggung tentang tentang ujian kompetensi (ukom) Ketua AIPNI Pusat mengatakan" mahasiswa hanya melaksanakan sekali ujian  ukom dengan kelulusan seumur hidupnya artinya jika dia sudah lulus maka dia dapat memperoleh STR ( Surat Tanda Registrasi ) Ners dan 5 (lima) tahun berikutnya hanya mengurus perpanjangan"

     Mengenai lokasi dan rumah sakit yang menjadi tempat pendidikan profesi Dr.Muhammad Hadi M.Kep mengatakan pendidikan profesi itu dilaksanakan di lahan atau klinik atau rumah sakit. Kampus hanya sebagai tempat memastikan administrasi karena ini adalah pendidikan profesi. Sejalan dengan adanya program BPJS kesehatan maka rumah sakit kelas C paling banyak memiliki pasien dan dapat dijadikan lahan profesi mengingat pasien yang banyak akan membuka kompetensi mahasiswa melaksanakan profesi Ners. Menmgenai jarak tidak ada ketentuan jarak tentang lokasi pelaksaan profesi Ners karena pada dasarnya STIKES membantu pemerintah menyediakan SDM yang profesional.

     Guru Besar Tetap STIKESSU Prof. Dr. H.Paul Sirait SKM, MM, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan AIPNI memberikan narasumber dalam WORKSHOP Kurikulum Profesi Ners ini dan dirinya memotivasi seluruh civitas akademik agar melaknakan apa yang telah menjadi materi workshop.

   Ketua STIKESSU Diana SKM, M.Kes menyampaikan terima kasih karena narasumber telah banyak membuka pikiran dan pengetahuan seluruh dosen.