SOLUSI EDUKASI KESEHATAN DI ERA GLOBALISASI
Berita
Workshop SPMI KEPERAWATAN

Workshop SPMI KEPERAWATAN

Jakarta - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Utara Mengikuti “Seminar & Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal Keperawatan” di Hotel Ibis yang beralamat di Jl. MT. Haryono No. 9 Cawang, Jakarta Timur, Pada hari Jumat – Sabtu, tanggal 24-25 Agustus 2018. Seminar & Workshop inibertujuanuntukmemotivasi agar setiap pesertanya mampu menyusun dokumen Kebijakan, Manual, Standar, Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal Keperawatandanmengimplimentasikandokumen SPMI serta merencanakan untuk persiapan Re-akreditasi dengan 9 standar.

Peserta Seminar & Workshop ini dating dari berbagai Institusi masing-masing provinsi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. STIKESSU sebagai salah satu Institusi yang menjadi peserta memiliki focus pada pengembangan SPMI yang di kelolaoleh unit LPM (Lembaga Penjamin Mutu) STIKESSU, dalam upaya membangun Budaya Mutu di lingkungan STIKESSU.Pada kesempatan ini Ibu Emi Br. Barus, SST, M.Keb selaku Kepala Lembaga Penjamin Mutu STIKESSU secara langsung menghadiri Seminar & Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal Keperawatan. Hal tersebut adalah bukti keseriusan dan Komitmen yang tinggi dari STIKESSU untuk membangun Budaya Mutu sebagai wujud implementasi Institusi berdasarkan Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tnggi (SPM Dikti) dan Permen ristekdikti No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tnggi (SN Dikti).

Acara pembukaan Seminar & Workshop ini dilaksanakan pada hari Jum’at 24 Agustus 2018 dibuka langsung oleh Dr. Muhammad Hadi, SKM, M.Kep, selakuKetua AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia). Dalam Sambutanya beliau memberikan motivasi bagi peserta untuk membangun budaya mutu dan mengimplementasikan Mutu pada setiap institusi. Materi pertama setelah acara di buka disampaikan oleh Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti Prof. Aris Junaidi, Ph.D, tentang Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Kemenristekdikti dan SPMI (Sistem penjaminan Mutu Internal). Dalam kesempatan ini beliau menghimbau agar semua Perguruan tinggi Khususnya Keperawatan mampu melaksanakan Budaya Mutu pada Institusinya masing-masing, serta menjadikan kebijakan yang berlaku sebagai pedoman dalam menjalankan segala proses kearah peningkatan mutu Internal Perguruan Tinggi. Pada Hari sama materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua Bidang Penjamin Mutu AIPNI Dr. Kusnanto, S.Kp.M.Kes, beliau menyampaikan beberapa materi tentang Penyusunan Dokumen Kebijakan, Manual, Standar, Formulir SPMI.

Pada Hari Sabtu 25 Agustus 2018 kegiatan yang mengawali acara ini adalah persentase dari masing kelompok Institusi tentang DokumenKebijakan, Manual, Standar, Formulir SPMI sebagai salah satu indicator keberhasilan penyelenggaraan Seminar & Workshop tersebut. Selanjutnya Pemateri penutup dalam acara ini adalah Prof. Dra. Setyowati, S.Kp.,M. App. Sc.Ph.D, selaku Ketua Divisi Keperawatan LAM-PTKes. Materi yang disampaikan adalah tentang Sistem Akreditasi LAM-PTKes Menggunakan 9 Kriteria yaitu1.Visi Misi Tujuan dan Saran,  2. Tata Pamong dan KerjaSama, 3.Mahasiswa, 4.Sumber Daya Manusia, 5. Keuangan, Sarana danPrasarana, 6.Pendidikan, 7.Penelitian, 8.Pengabdian Kepada Masyarakat dan yang ke-9. Standar Kompetensi Lulusan. Dengan berlakunya 9 kriteria tersebut maka STIKESSU akan berupaya untuk mempertahankan atau melampaui peringkat akreditasi Sarjana Keperawatan dan Program Profesi Ners yang ada saat ini. (Penulis : Emi Br. Barus, SST, M.Keb)